Powered by Blogger.
RSS

Menu Menu Sarapan Berbagai Negara di Dunia

Barusan kelar sarapan dengan nasi sayur sama nugget ayam, alhamdulillah kenyang. Tiba-tiba kepikiran,, kalo disini sarapannya kayak gini, kalo diluar sana mereka makan apa ya kalo sarapan? 
Hmmm ternyata tiap tempat memiliki khasnya masing-masing. Nih dia beberapa yang saya rangkum sendiri untuk menu menu sarapan di belahan dunia luar sana. Cekidot..



Macam2 Sarapan dari seluruh dunia
1.       1. Indonesia
a.       Nasi uduk : Nasi uduk dibuat dari nasi yang dicampur dengan santan dan disajikan dengan laluk ringan seperti kering tempe, abin dan telur. 

b.      Nasi kuning : hampir mirip dengan nasi uduk, hanya saja dalam mengolahnya, nasi kuning ditambah dengan bumbu kunyit dan beberapa rempah dan disajikan dengan lauk pauk seperti nasi uduk. 
c.       Pecel : makanan khas madiun ini sangat digemari untuk sarapan. Disajikan dengan beberapa sayuran hijau seperti bayam atau yang lain, kacang panjang, taoge dan disiram bumbu kacang pedas dan rempeyek kacang  sangat cocok untuk sarapan.
d.      Soto ayam bening : menu soto bening untuk sarapan biasanya sangat digemari oleh orang-orang yang tinggal di daerah jawa, terutama solo, jogja, semarang. Sarapn berkuah membuat badan menjadi segar dan bugar sehingga semangat untuk perg bekerja. Namun untuk daerah lain, soto biasanya disantap disiang atau malam hari. 

2.      2.  Malaysia
Nasi lemak : nasi lemak sekilas mirip dengan nasi uduk, bisa dibilang nasi uduknya malaysia, karena hampir sama komposisi mulai dari pembuatan dengan santan, lauk dan rasanya. Biasanya ditambah denga sambal. Hmmmm.... bikin keringetan.. 
 
3.       3. Singapura
Singapura, meskpun masuk negara Asean namun budaya negri Singa ini sudah bercampur denga budaya ekspatriat yang tinggal dan menetap disana. Oelh karena itu menu menu disaingapura sedikit banyak telah berubah seperti menu western, teremasuk menu sarapan. Di Singapura, sarapan khasnya ada menu Kaya Toast (Roti Kaya) . Roti yang dijsajikan dengan selai Kaya (terbuat dari santan kelapa dan direbus bersama dengan gula) dioles diatas roti tawar panggang yang hangat dan sedikit cruncy ditemani dengan segelas teh tarik hangat. Hemm.... mantap kan gaes? :D  


4.     4.  India/pakistan
Menu di India hampir sama penyajiannya dengan negara-negara Asia, yaitu nasi, sayuran dan lauk pauk. Di India ada menu sarapan namanya Kichdi yaitu nasi danlentil yang dicampur denga bumbu khas india dan lauknya berupa terong goreng dan acar serta yogurt. Ditutup dengan minum susu murni yang banyak dikonsumsi di India. Kenyang baneget kali ya :D

5.      5. Arab
Sarapan di Arab tak bisa jauh dari Kurma dan Roti panggang. Ditemani denga segelas teh bisa menjadi nutrisi pagi yang cukup. 
 

6.       6. China/asia timur
Chinesse food yang menjamur diseluruh dunia menjadikan menu makanan negri Tirai Bambu ini hampir sama dengan menu-menu indoasia lainnnya. Mulai dari Mie, kwetiaw, dan nasi.
Teh hangat bisa menjdi pelengkap sarapan pagi di China.


7.      7.  Jepang / korea
Ada Miso soup jika Anda sedang berada di Jepang atau Korea. Selain menu manu Japanese seperti sushi, sukiyaki, teriyaki dan yakiniku, Miso juga cocok untuk sarapan yang berkuah. 
 

8.     8.   Amerika/inggris
Menu western di Amerika maupun negara Eropa didominasi oleh sarapan Sereal dan susu, oatmeal gandum dan roti serta segelas kopi atau teh. 

9.    9.    Australia
Menu sarapan Australia memang agak ke-Westerna-an, misalnya aja beef pie. Beef Pie adalah menu sarapan yang dibuat dari pie dan diisi denga daging beef. Untuk minuman pendamping, Anda bebas memilih antara teh atau kopi hitam. Cucookk.... :D
 

110.  Jerman
Sosis menjadi panganan yang sangat khas di Jerman. Mereka mengonsumsi sosis mulai dari sarapan hingga makan malam. Untuk sarapan, menu yang umum ialah sepiring Wurst (Sosis khas Jerman), irisan ham, dan Kase (keju). Biasanya hidangan ini dimakan dengan roti seperti butter roll.

111.   Italia
Pasti Pizza dan Pasta sudah tak asing lagi dengan telinga kita. Tapi menu untuk sarapan di Italia dipilih yang ringan. Roti pastry atau yang biasa disebut Croisant sangat digemari disaat sarapan. Dipadu dengan raikan kopi  Espresso. Aroma yang khas serta biji kopi pilihan dijamin membuat syaraf-syaraf Anda terbangun dan mendapat 100% energi untuk memulai hari. Orang Italia umumnya meminum Espresso bersama dengan Cornetto. Ini adalah istilah orang Italia dalam menyebut roti croissant . Biasanya croissant khas Italia ini terdapat isian yang berbeda-beda seperti krim, cokelat, atau selai buah. Mantapp....
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment