Powered by Blogger.
RSS

All About Mango

Haii Hai....
Akhir akhir ini lagi musim buah ya teman, terutama mangga. Ga dipasar, penjual sayur&buah, atau malah tetangga yang ngasih gratisan karena panen mangga melimpah ruah.
Tiap-tiap hari makan mangga pasti bosen kan ya.. apalagi kalo adanya cuma mangga jenis tertentu saja.
Well,, jenis mangga sebenarnya ada banyak banget, di Indonesia saja sudah puluhan jenis mangga ditemukan bahkan dibudidayakan seperti : mangga apel, mangga harummanis, mangga golek, mangga madu, mangga gadung, dll..
Rasa mangga yang dihasilkan juga bermacam macam lho, mangga madu yang rasanya manis bahkan walaupun belum matang, mangga arummanis yang sangat manis dan mangga gadung yang juga manis, tapi mangga apel rasanya kurang begitu manis.
Berbagai macam mangga tersebut sebenarnya memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita.
Berikut sedikit ulasan tentang buah mangga

1. MANGGA (MANGIFERA INDICA / MANGO)



 Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh(bahasa jawa)

Manfaat Buah Mangga Untuk Wajah

Manfaat buah mangga juga dapat mengatasi masalah kulit wajah sepeti menghilangkan jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat seperti noda hitam, dapat meremajakan kulit wajah, dapat melembabkan kulit wajah yang kering, dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang berkaitan dengan kecantikan wajah anda. Itulah beberapa manfaat buah mangga untuk wajah, selain itu akan saya jelaskan mengenai cara menggunakan buah mangga untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti di atas.

Khasiat manfaat buah mangga
Cara penggunaannya, yaitu :

  1.   Dapat dijadikan scrub wajah

Cara membuat scrub dengan buah mangga yaitu dengan cara mencampur buah mangga yang telah matang secukupnya, lalu tambahkan 1 sendok makan susu bubuk dan 1 sendok teh madu kemudian aduk sampai semua bahan tercampur merata. Setelah itu, gunakan campuran bahan tersebut untuk digunakan sebagai scrub wajah sambil di pijat-pijat lembut secara melingkar dan setelah itu diamkan selama 10 menit. Lalu besihkan dengan air dingin sampai tidak bersisa.

Cara ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit beminyak dan berjerawat serta mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

   2.  Dapat dijadikan sebagai masker wajah

Cara ini merupakan cara yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit wajah, namun cara ini berbeda dengan cara di atas karena menggunakan kulit buah mangga. Kulit mangga juga tidak kalah ampuhnya dengan buah mangga dalam merawat kulit wajah, caranya yaitu : pertama-tama bersihkan terlebih dahulu wajah anda, setelah itu kupas kulit buah mangga yang telah matang lalu gosokan secara melingkar keseluruh permukaan wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit sampai mongering, lalu setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Lakukan perawatan wajah ini secara rutin dan teratur, maka dalam beberapa hari kulit wajah akan tampak lebih bersih, halus dan bercahaya.

3.     Dapat dijadikan sebagai pembersih wajah

Buah mangga juga dapat anda gunakan sebagai pembersih wajah, caranya yaitu dengan memotong-motong buah mangga secukupnya lalu campurkan dengan 1 sendok teh tepung terigu. Setelah itu, haluskan dan aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian anda dapat gunakan campuran ini untuk membersihkan wajah anda dengan cara seperti memakai pembersih biasa, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari dan dalam beberapa hari hasilnya dapat terlihat.

 4.    Astringent mangga

Caranya yaitu, hancurkan buah mangga sampai halus lalu campurkan dengan sedikit air. Setelah itu oleskan keseluruh wajah anda, lalu diamkan beberapa saat lalu bersihkan. Astringent ini juga dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Demikianlah manfaat buah mangga untuk wajah, semoga informasi ini dapat bermanfaat
Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Buah mangga merupakan asupan yang sangat penting karena ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Buah mangga banyak sekali mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh saat hamil, oleh karena itu, ibu hamil wajib mengkonsumsi buah mangga karena sangat baik untuk tubuh dan janinnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi menarik untuk anda ketahui yaitu manfaat buah mangga untuk ibu hamil.
Kandungan Nutrisi Buah Mangga yang bermanfaat untuk wajah, kesehatan dan ibu hamil

Berikut ini beberapa manfaat buah mangga untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi diantaranya yaitu :

   a. Serat

Buah mangga mengandung serat yang sangat tinggi, serat ini dapat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Masalah-masalah yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu seperti sembelit, susah buang air besar, begah dan dapat menghentikan diare. Hal-hal seperti ini dapat menyebabkan perut tak nyaman.

   b. Kalium/potasium

Zat kalium yang terkandung di dalam buah mangga dapat bermanfaat untuk penyeimbang cairan di dalam tubuh, jika cairan di dalam tubuh terlalu banyak dapat menyebabkan pembengkakan pada anggota tubuh seperti tangan dan kaki. Untuk itu, saya sarankan agar rutin mengkonsumsi buah mangga setiap hari.

  c.  Antioksidan

Di dalam kandungan buah mangga terdapat sumber beta-karoten dan vitamin C. Beta-karoten merupakan sebuah zat yang dapat berubah menjadi kandungan vitamin A, vitamin A ini lah yang mampu meningkatkan funsi mata. Selain itu, beta-karoten dan vitamin C nya dapat dijadikan sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

   d. Sumber energy

Buah mangga memiliki kandungan gula yaitu sukrosa dan karbohidrat, kedua kandungan tersebut dapat dijadikan sebagai sumber energy yang cukup besar sehingga gula darah akan tetap stabil. Buah mangga dapat kita konsumsi sehari-hari untuk dijadikan sebagai pengganti snack, hal ini juga dapat mencegah tekanan darah tinggi bagi ibu hamil.

   e. Mineral

Kandungan mineral yang ada dalam buah mangga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga ibu hamil akan terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah mangga setiap hari sangatlah penting karena banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil dan janin.

   f. Zat besi

Kandungan zat besi bagi ibu hamil sangat di butuhkan karena dapat bermanfaat untuk mencegah ibu hamil terkena anemia. Anemia merupakan gejala akibat kekurangan darah merah sehingga jika di biarkan dapat menyebabkan pusing, mual serta dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Maka disarankan untuk ibu hamil agar rutin mengkonsumsi buah mangga setiap hari, hal ini dapat mencegah anemia dan gangguan pada janin.
Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

    Buah mangga dapat bermanfaat unjtuk menjaga daya tahan tubuh

Mengkonsumsi buah mangga di percaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tahan dari gangguan cuaca yang dapat menyebabkan jatuh sakit. Hal ini disebabkan oleh karena buah mangga kaya akan kandungan vitamin C dan kandungan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk tubuh.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Di dalam kandungan buah mangga terdapat kandungan serat, pectin dan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagi penderita kolesterol sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga matang setiap harinya, cara ini dapat mempercepat penyembuhan.

    Buah mangga dapat bermanfat untuk mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan di dalam buah mangga sangat tinggi sehingga mampu mencegah tumbuhnya kanker, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam buah mangga sangat ampuh dalam membunuh sel-sel yang dapat menyebabkan kanker. Selain antioksidan yang tinggi juga terdapat zat-zat pencegah kanker yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan mathygallat.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Di dalam segelas jus buah mangga mengandung 25% nilai harian vitamin A, maka buah mangga sangat bermanfaat dalam menyehatkan mata dan dapat mempertajam daya penglihatan. Jus buah mangga juga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi anak-anak.

    Manfaat buah mangga untuk memenuhi kebutuhan alkali

Di dalam buah mangga mengandung asam sartrat, asam malat dan asam sitrat. Kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan alkali dalam tubuh dan dapat membantu untuk menjaga cadangan alkali dalam tubuh.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk menormalkan kadar insulin

Dengan mengkonsumsi buah mangga setiap hari, mampu menormalkan kadar insulin dalam darah, selain itu juga tidak membahayakan untuk kadar gula dalam darah karena buah mangga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

    Manfaat buah mangga dapat bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan

Mengkonsumsi buah mangga setiap hari dapat membantu dalam melancarkan system pencernaan karena di dalam buah mangga mengandung serat yang cukup.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk meredakan panas dalam

Bagi anda yang memiliki masalah dengan panas dalam, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan buah mangga. Di dalam buah mangga kaya akan vitamin C sehingga sangat ampuh dalam mengobati panas dalam. Cara mengkonsumsinya anda dapat megolah buah mangga menjadi jus atau dapat juga di konsumsi langsung buahnya.

Nah, ternyata banyak sekali kan manfaat buah mangga ini, jadi jangan ragu-ragu untuk konsumsi buah mangga ya :)







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment