Powered by Blogger.
RSS

Tradisi Minum Teh, Ternyata Ga Cuma Di Indonesia dan Jepang


1. RUSIA
    a.Samovar
Ritual minum teh di Rusia ada sejak abad 17. Masyarakat biasanya menggunakan ketel samovar untuk mendidihkan air di atas tungku dan arang. Di musim panas, samovar diletakkan pada meja di sebuah taman. Sedangkan di musim dingin, samovar diletakkan di dalam ruangan rumah.
   b Zavarka

Menunggu air dalam samovar mendidih, zavarka (poci teh khas Rusia) pun dipanaskan hingga beruap. Sambil mengelap uap yang menempel di zavarka, daun teh dimasukkan hingga hangat dan layu. Tak lupa zavarka ditutup rapat hingga aroma teh menguar harum. Setelah mendidih, air dituang perlahan ke dalam zavarka hingga daun teh tenggelam.

:2. BELANDA
Biasanya orang Belanda minum teh sebelum makan siang antara pukul 10-11 dan setelah makan malam antara pukul 7-8. Bedanya, orang Belanda suka meminum teh dengan sajian sekeping biskuit yang diletakkan di pinggir alas cangkir.

Teh yang disajikan biasanya tanpa campuran susu dan lebih encer dibandingkan teh khas Inggris.

:3. INGGRIS
King Charles II and Duke of Braganza

Di abad ke 16, teh dianggap minuman keluarga kerajaan dan saudagar kaya di Inggris lantaran harganya yang sangat tinggi. Raja Inggris yang gemar minum teh diantaranya Pangeran Charles II dan sang istri, Duke of Braganza. Ritual minum teh di Inggris biasanya dilakukan pada saat sarapan atau makan malam. Sebagai minuman pergaulan, teh dinikmati para bangsawan sambil bercengkerama bersama keluarga di terasrumah atau sambil berjalan-jalan di halaman.
Kebiasaan minum teh di kalanagan keluarga Inggris masih berlangsung hingga kini. Teh cair dalam poci dan cangkir-cangkir mungil disajikan dengan susu, roti selai, sandich atau cookies pada saat pertemuan keluarga. Bahkan kepopuleran teh menggeser ale sebagai minuman nasional Inggris dan wine.

Cara minum teh khas Inggris

Budaya minum teh ini kemudian melahirkan istilah afternoon tea, high tea, tea dance, tea garden, tea break, tea time hingga tea shop. Afternoon tea biasa dilakukan pukul 3 sore. Teh disajikan dengan potongan roti mentega, sandwich dan aneka kue kering, salah satunya crumpets (kue mirip muffin dengan permukaan berlubang dan mentega panas di atasnya. Teh biasanya dinikmati bersama teman dan keluarga. Saat meneguk teh dari cangkir orang Inggris selalu mengangkat jari kelingking agar teh tak tumpah.

:4. IRAK
Iraqi tea
Ternyata setiap keluarga di Irak selalu menyempatkan diri berkumpul pada sore hari sambil menikmati teh. Mereka akan duduk melingkar dan mengobrol akrab di ruang tamu sambil menunggu teh disajikan.
Proses membuat teh nya diawali dengan daun teh yang dimasukkan ke dalam poci dan dituangi air mendidih hingga daun terlihat naik ke atas. Poci kemudian diletakkan di atas ketel agar tetap panas hingga daun teh tenggelam.
:5. TIBET
Po Cha
Minuman khas Tibet yang terdiri dari butter dab teh disebut Po Cha. Penyajiannya sangat unik. Daun teh dituang dalam wadah silinder, ditambahkan garam dan butter dari susu sapi khas Tibet. Campuran itu dimasak hingga berjam-jam dan mengental. Teh akan berwarna cokelat kemerahan dan di atasnya terdapat buih mentega tebal.
Proses Po Cha
Saat bertamu, tuan rumah akan menghidangkan Po Cha. Dan tamu harus menghabiskan tiga cangkir Po Cha. Jika tidak, tuan rumah akan merasa terhina dan tamu dianggap sombong.

:6. CINA
Penyajian teh khas Cina
Di Cina, penyajian minuman teh tidak disertai kue-kue. Masyarakat Cina sangat mengutamakan rasa dan aroma teh. Prosesnya pun unik. Dua wadah digunakan dalam tradisi minum teh, yaitu gelas dan mangkuk. Gelas untuk menghirup aroma teh, mangkuk untuk meminum air teh.

Daun teh dimasukkan hingga menutupi lingkaran dasar poci yang terbuat dari tanah liat merah berpori rapat. Poci diletakkan di atas mangkuk besar, lalu dituangi air mendidih hingga luber dan tertampung ke mangkuk besar. Kemudian poci ditutup selama beberapa menit.
Setelah terendam sempurna dan aroma menguar, air teh dituang ke gelas lalu dipindahkan ke mangkuk. Seusai memindahkan air teh, tamu menghirup aroma teh dari gelas sebagai tanda penghormatan pada tuan rumah. Setelah itu tamu baru bisa meminum teh.

:7. JEPANG
Teh Matcha
Masyarakat Jepang mulai mengenal teh matcha yang terbuat dari bubuk teh hijau pada abad 12. Namun, upacara minum teh dikenal sejak abad 16 dan dipelopori Sen No Rikyu. Biasanya tradisi upacara minum teh berlangsung empat jam dan masih dilakukan hingga kini oleh masyarakat Jepang.
Upacara minum teh
Pertama, tamu datang dan diantar ke ruang tunggu. Lalu tuan rumah mengajak tamu berjalan ke taman. Setelah mencuci tangan di pancuran taman, tamu masuk ke ruang penyuguhan teh. TUan rumah akan menyiapkan teh kental dan setelah selesai ia akan membunyikan gong yang menandakan tamu untuk memulai upacara minum teh di ruang penyuguhan teh.
Teh biasanya disiapkan khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh. Ruang untuk minum teh disebut chashitsu. Sebelum meminum teh, posisi motif cawan (mangkuk teh) tidak boleh berada di bawah mulut untuk menghormati karya lukis pada cawan. Biasanya teh disajikan dengan kue manis untuk menetralkan rasa pahit teh.
Upacara minum teh selain membangun keakraban keluarga juga mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni dalam ruangan upacara minum teh.

:8. INDONESIA
Dr Andreas Cleyer
Di Indonesia teh dikenal pertama kali tahun 1686, ketika Dr. Andreas Cleyer yang berkebangsaan Belanda membawa tanaman ini ke tanah air. Uniknya, awalnya tanaman teh di Indonesia dikenal sebagai tanaman hias.
Lalu di abad 17 pemerintah Belanda mendatangkan teh dari Cina untuk ditanam di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Sejak itu, masyarakat Indonesia mulai terbiasa minum teh untuk perjamuan resmi hingga penghangat di tengah keluarga sehari-hari. Sambil minum teh ditemani camilan khas Indonesia, keluarga bisa saling berkomunikasi dengan lebih akrab.

Teh Poci khas Tegal
Beberapa daerah di Indonesia mempunyai tradisi minum teh yang khas, seperti teh poci di Tegal, teh nagitel di Solo, teh telur di Padang dan sebagainya. Bahkan di Solo dikenal profesi khusus penyeduh teh yang disebut Jayeng.
Masyarakat Eropa menyebut teh sebagai 'tay' atau 'uang berasal dari bahasa Canton'. Lalu orang Inggris melafalkannya sebagai 'tea', sementara bangsa Belanda menyebutnya 'tee'. Nah, konon dari situlah awal mula masyarakat Indonesia menyebut 'teh'.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment