Powered by Blogger.
RSS

Tubuh Mudah Lelah karena Beraktifitas? Ini Problemnya

Aktivitas sehari-hari yang rutin kadang menjadikan tubuh menjadi cepat lelah. Simak kebiasan-kebiasan apa saja yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah merasa lelah, berikut rangkumannya.

1. Pola Makan
Pola makan sehat tanpa mengesampingkan pola diet Anda bisa dipertimbangkan. Diet bukan berarti menghilangkan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Atau sebaliknya, Anda tidak boleh mengonsusmsi makanan yang bisa menghantarkan glukosa dengan cepat ke tubuh Anda.

Hal itu karena bisa membuat tubuh Anda cepat kelelahan dalam beraktivitas. Makanlah makanan yang mengandung protein serta serat yang tinggi, seperti mengonsumsi sayur-sayuran dan buah.

Lakukan sarapan dengan karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung protein agar aktivitas Anda tidak dihadang dengan kelelahan. Usahakan asupan makanan Anda tidak mengandung glukosa yang tinggi karena bisa meningkatkan gula darah yang nantinya akan menguras energi Anda.

2. Kafein
Anda penikmat kopi atau teh yang notebene mengandung kafein yang memang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, terlebih ketika Anda tengah mendapat pekerjaan yang banyak.

Sesekali boleh saja konsumsi kafein dengan batas normal. Namun, tetap tidak dianjurkan mengonsumsinya dalam porsi yang berlebihan.

Terlalu banyak konsumsi kafein bisa menggganggu sistem metabolisme dalam tubuh yang nantinya membuat tubuh Anda mudah kelelahan ketika beraktivitas. Bagi Anda yang sering mengonsumsi kafein ini dianjurkan untuk mengurangi konsumsinya secara bertahap.

3.  Pola Tidur
Pada umumnya pola tidur yang berkualitas adalah 7 jam dalam sehari. Jika hal itu tidak terpenuhi maka tubuh Anda akan terasa lemas ketika melakukan aktivitas. Bahkan jika kualitas tidur Anda tidak terpenuhi, berat badan Anda akan naik.

Untuk itu jaga pola tidur Anda, buat tidur Anda berkualitas dengan porsi 7 jam. Jangan buat konsentrasi Anda kacau saat bekerja hanya karena tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

4. Air Putih
Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi melanda tubuh Anda. Dehidrasi ini yang bisa menimbulkan efek cepat lelah ketika beraktivitas. Mengapa hal itu terjadi? Karena ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, sistem metabolisme menjadi lemah dan tidak stabil.

Paling tidak konsumsi 8 gelas air dalam sehari, selain menjauhkan Anda dari kelelahan beraktivitas juga menjaga kelembapan dalam tubuh Anda.

Maka dari itu tetap perhatikan pola hidup kita ya temans :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment