Powered by Blogger.
RSS

Tradisi Minum Teh, Ternyata Ga Cuma Di Indonesia dan Jepang


1. RUSIA
    a.Samovar
Ritual minum teh di Rusia ada sejak abad 17. Masyarakat biasanya menggunakan ketel samovar untuk mendidihkan air di atas tungku dan arang. Di musim panas, samovar diletakkan pada meja di sebuah taman. Sedangkan di musim dingin, samovar diletakkan di dalam ruangan rumah.
   b Zavarka

Menunggu air dalam samovar mendidih, zavarka (poci teh khas Rusia) pun dipanaskan hingga beruap. Sambil mengelap uap yang menempel di zavarka, daun teh dimasukkan hingga hangat dan layu. Tak lupa zavarka ditutup rapat hingga aroma teh menguar harum. Setelah mendidih, air dituang perlahan ke dalam zavarka hingga daun teh tenggelam.

:2. BELANDA
Biasanya orang Belanda minum teh sebelum makan siang antara pukul 10-11 dan setelah makan malam antara pukul 7-8. Bedanya, orang Belanda suka meminum teh dengan sajian sekeping biskuit yang diletakkan di pinggir alas cangkir.

Teh yang disajikan biasanya tanpa campuran susu dan lebih encer dibandingkan teh khas Inggris.

:3. INGGRIS
King Charles II and Duke of Braganza

Di abad ke 16, teh dianggap minuman keluarga kerajaan dan saudagar kaya di Inggris lantaran harganya yang sangat tinggi. Raja Inggris yang gemar minum teh diantaranya Pangeran Charles II dan sang istri, Duke of Braganza. Ritual minum teh di Inggris biasanya dilakukan pada saat sarapan atau makan malam. Sebagai minuman pergaulan, teh dinikmati para bangsawan sambil bercengkerama bersama keluarga di terasrumah atau sambil berjalan-jalan di halaman.
Kebiasaan minum teh di kalanagan keluarga Inggris masih berlangsung hingga kini. Teh cair dalam poci dan cangkir-cangkir mungil disajikan dengan susu, roti selai, sandich atau cookies pada saat pertemuan keluarga. Bahkan kepopuleran teh menggeser ale sebagai minuman nasional Inggris dan wine.

Cara minum teh khas Inggris

Budaya minum teh ini kemudian melahirkan istilah afternoon tea, high tea, tea dance, tea garden, tea break, tea time hingga tea shop. Afternoon tea biasa dilakukan pukul 3 sore. Teh disajikan dengan potongan roti mentega, sandwich dan aneka kue kering, salah satunya crumpets (kue mirip muffin dengan permukaan berlubang dan mentega panas di atasnya. Teh biasanya dinikmati bersama teman dan keluarga. Saat meneguk teh dari cangkir orang Inggris selalu mengangkat jari kelingking agar teh tak tumpah.

:4. IRAK
Iraqi tea
Ternyata setiap keluarga di Irak selalu menyempatkan diri berkumpul pada sore hari sambil menikmati teh. Mereka akan duduk melingkar dan mengobrol akrab di ruang tamu sambil menunggu teh disajikan.
Proses membuat teh nya diawali dengan daun teh yang dimasukkan ke dalam poci dan dituangi air mendidih hingga daun terlihat naik ke atas. Poci kemudian diletakkan di atas ketel agar tetap panas hingga daun teh tenggelam.
:5. TIBET
Po Cha
Minuman khas Tibet yang terdiri dari butter dab teh disebut Po Cha. Penyajiannya sangat unik. Daun teh dituang dalam wadah silinder, ditambahkan garam dan butter dari susu sapi khas Tibet. Campuran itu dimasak hingga berjam-jam dan mengental. Teh akan berwarna cokelat kemerahan dan di atasnya terdapat buih mentega tebal.
Proses Po Cha
Saat bertamu, tuan rumah akan menghidangkan Po Cha. Dan tamu harus menghabiskan tiga cangkir Po Cha. Jika tidak, tuan rumah akan merasa terhina dan tamu dianggap sombong.

:6. CINA
Penyajian teh khas Cina
Di Cina, penyajian minuman teh tidak disertai kue-kue. Masyarakat Cina sangat mengutamakan rasa dan aroma teh. Prosesnya pun unik. Dua wadah digunakan dalam tradisi minum teh, yaitu gelas dan mangkuk. Gelas untuk menghirup aroma teh, mangkuk untuk meminum air teh.

Daun teh dimasukkan hingga menutupi lingkaran dasar poci yang terbuat dari tanah liat merah berpori rapat. Poci diletakkan di atas mangkuk besar, lalu dituangi air mendidih hingga luber dan tertampung ke mangkuk besar. Kemudian poci ditutup selama beberapa menit.
Setelah terendam sempurna dan aroma menguar, air teh dituang ke gelas lalu dipindahkan ke mangkuk. Seusai memindahkan air teh, tamu menghirup aroma teh dari gelas sebagai tanda penghormatan pada tuan rumah. Setelah itu tamu baru bisa meminum teh.

:7. JEPANG
Teh Matcha
Masyarakat Jepang mulai mengenal teh matcha yang terbuat dari bubuk teh hijau pada abad 12. Namun, upacara minum teh dikenal sejak abad 16 dan dipelopori Sen No Rikyu. Biasanya tradisi upacara minum teh berlangsung empat jam dan masih dilakukan hingga kini oleh masyarakat Jepang.
Upacara minum teh
Pertama, tamu datang dan diantar ke ruang tunggu. Lalu tuan rumah mengajak tamu berjalan ke taman. Setelah mencuci tangan di pancuran taman, tamu masuk ke ruang penyuguhan teh. TUan rumah akan menyiapkan teh kental dan setelah selesai ia akan membunyikan gong yang menandakan tamu untuk memulai upacara minum teh di ruang penyuguhan teh.
Teh biasanya disiapkan khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh. Ruang untuk minum teh disebut chashitsu. Sebelum meminum teh, posisi motif cawan (mangkuk teh) tidak boleh berada di bawah mulut untuk menghormati karya lukis pada cawan. Biasanya teh disajikan dengan kue manis untuk menetralkan rasa pahit teh.
Upacara minum teh selain membangun keakraban keluarga juga mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni dalam ruangan upacara minum teh.

:8. INDONESIA
Dr Andreas Cleyer
Di Indonesia teh dikenal pertama kali tahun 1686, ketika Dr. Andreas Cleyer yang berkebangsaan Belanda membawa tanaman ini ke tanah air. Uniknya, awalnya tanaman teh di Indonesia dikenal sebagai tanaman hias.
Lalu di abad 17 pemerintah Belanda mendatangkan teh dari Cina untuk ditanam di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Sejak itu, masyarakat Indonesia mulai terbiasa minum teh untuk perjamuan resmi hingga penghangat di tengah keluarga sehari-hari. Sambil minum teh ditemani camilan khas Indonesia, keluarga bisa saling berkomunikasi dengan lebih akrab.

Teh Poci khas Tegal
Beberapa daerah di Indonesia mempunyai tradisi minum teh yang khas, seperti teh poci di Tegal, teh nagitel di Solo, teh telur di Padang dan sebagainya. Bahkan di Solo dikenal profesi khusus penyeduh teh yang disebut Jayeng.
Masyarakat Eropa menyebut teh sebagai 'tay' atau 'uang berasal dari bahasa Canton'. Lalu orang Inggris melafalkannya sebagai 'tea', sementara bangsa Belanda menyebutnya 'tee'. Nah, konon dari situlah awal mula masyarakat Indonesia menyebut 'teh'.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Hidup Sehat Dengan Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang akrab bagi masyarakat luas di tanah air. Hmm... melihat daging warna pepaya yang jingga kemerahan membuat air liur segera menetes. Belum lagi, saat mencicipi cita rasanya yang begitu manis menggoda.

sumber google.com

 Hampir sepanjang tahun, buah pepaya bisa dinikmati oleh setiap keluarga. Jika Anda termasuk penggemar buah yang juga dijuluki sebagai “buah malaikat” ini, silakan lanjutkan terus kebiasaan sehat Anda.
Nah, ternyata buah pepaya memiliki banyak khasiat lho, berikut khasiat buah pepaya bagi kesehatan  :
Hampir 50% vitamin tersimpan dalam buah pepaya, jadi mustahil betul jika pepaya tidak berperan penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenal manfaat pepaya bagi kesehatan dan obat tradisional dari penjelasan berikut.
1. Kesehatan Kulit
Pepaya mempunyai peran aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk permukaan kulit dalam hal melembabkan ataupun mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya.

2. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan
Tadi sudah dijelaskan bahwa pepaya bisa melancarkan sembelit, hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara kandungan antioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan.
3. Meminilasir Risiko Mata Rusak
Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar kaca tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.
4. Menangkal Radikal Bebas
Jika tubuh mengalami Radikal Bebas , kulit akan menanggung beragam masalah seperti keriput. Untuk itu jika Anda tidak ingin terlihat tua di usia muda, rajin-rajin makan buah pepaya karena kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas.
5. Obat Bekas Gigitan Ular Berbisa
Perlu penanganan sesegera mungkin jika Anda terkena gigitan ular berbisa. Siapkan 5 ruas jari akar pepaya, bersihkan dengan air, halus dengan ditumbuk, balurkan obat ini pada kulit yang tergigit. Setelah itu dibalut menggunakan kain lap, ganti 2 kali sehari
6. Obat Kulit Melepuh
Bisa karena terbakar atau terkena knalpot yang panas, segera obati dengan ramuan ini. Ambil kulit buah pepaya, peras dan tampung getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata, diamkan seharian. Apabila kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.

7. Obat Demam atau Malaria
Ambil selembar daun lelaya, tumbuk hingga memenuhi 1/2 gelas. Tuangkan air sebanyak 3/4 gelas, dan masukkan garam. Peras daun pepaya, saring airnya lalu minum 3 kali sehari. Pengobatan ini bisa Anda lakukan minimal 5 hari berturut-turut dalam seminggu.
8. Obat Untuk Menambah Nafsu Makan
Anda atau si kecil sedang tidak nafsu makan? Coba minum obat untuk merangsang nafsu makan ini. Caranya dengan memetik selembar daun pepaya, cuci dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras daun. Airnya diminum sampai habis.
9. Obat Flu
Petik 2 lembar daun pepaya muda, lumatkan, tuangkan air, setelahnya diperas. Tambahkan garam dan minum air perasan daun pepaya ini sehari 2 kali untuk dosis anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dosis orang dewasa.

10. Obat Sakit Gigi
Cukup dengan meneteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit menggunakan kapas. Lakukan hingga semua bakteri terbunuh dan rasa sakit gigi mereda.
Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat pepaya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Perlu Anda ingat bahwa materi yang tertulis disini hanya informasi tambahan, tidak dimaksudkan menjadi acuan utama, penanganan medis ataupun pengganti saran ahli dan medis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kumpulan Kata Bijak Tertuang dalam Dimensi

Kata kata bijak atau biasa kita sebut denga kata mutiara adalah deretan kalimat yang memiliki makna baik yang terkandung didalamnya. Biasanya kata mutiara disusun oelh kata kata dengan pemilihan diksi yang apik sehingga jika dibaca akan terlihat indah namun sarat makna.
Menulis kata kata mutiara dengan hanya diselembar kertas pasti sudah sangat umum dilakukan. Dan saya mencoba untuk sedikit mengusik jiwa seni saya (cie..) untuk sedikit mengubah kebiasaan tersebut menjadi sebuah hasil karya yang indah.
Penuangan kalimat mutiara dalam dimensi lukisan maupun sebuah image-art tentu memiliki nilai ganda, selain nilai dari makna kata mutiara itu sendiri, juga nilai estetika yaitu nilai keindahan. Sehingga akan terlihat sebagai sebuha karya senin yang indah (cie..lagi).

Okelah, tanpa fafifu lagi saya persembahkan Kata Mutiara yang Tertuang dalam Dimensi.

1. Perjalanan Waktu
Waktu adalah sebuha dimensi dimana segala hal akan terjadi di dalam waktu.
Waktu adalah satu hal yang paling berharga. Menyia-nyiakan waktu adalah hal yang paling sis-sia.
Bijaklah menggunakan waktu.

              "Mata uang yang paling berharga adaah waktu. Tak seorangpun yang dapat membeli waktu yang
               telah terpakai. Gunakan waktu dengan bijak dan jangan siakan mesti hany satu menit."

"The most valueable currency is time. None can buy the used time.
Use your timewisely and do not waste it even for a minute." 
(Anonym) .


Waktu


2. Sebuah Kesuksesan
Sukses, satu hal yang diimpikan setiap orang, disemua profesi. Sukses dicapai dengan segala upaya yang dikerjakan untuk mencapai sukses. Kiranya sukses adalah sebuah hal yang harus diperjuangkan, maka untuk sukses seseorang akan gagal di awal.

                 "Setiap orang sukses pasti pernah gagal. Jangan takut gagal karena kegagalan adalah bagian
                 dari kesuksesan."

"Every succesfull person must hav failed. Dont be afraid to fai because failure is a part of success."
(Anonym)

Sukses


3. Perbedaan yang Indah
Tuhan mencipatakan makhlukNya dengan segala ciri khas masing masing. Tiap-makhluk memiliki keistimewaan, termasuk manusia. Sedang manusia itu diciptakan dengan bermacam macam bentuk dan warna. Kesemuanya sudah ditentukan olehNya, kitalah yang menjalani. 

                    "Kita memang diciptakan dengan bentuk yang berbeda. 
                     Tapi kita juga diciptakan dengan potensi yang sama, sehingga derajat kita menjadi sejajar".

Perbedaan

4. Esensi Hidup
Ada yang bilang, hidup adalah perjalanan panjang. Hidup merupakan karunia yang Tuhan berikan kepada makhukNya. Maka kewajiban kita adalah untuk menjaga kepercayaan yang diberikan Tuhan untuk selalu melakukan yang terbaik selama hidup kita.

               "Hidup adalah sebuah karya seni, dimana hidup memerlukan warna yang berbeda.
                Setiap warna yang kita salami dapat memberikan arti yang lebih bermakna dibandingkan hidup
                yang hanya satu warna. Maka nikmatilah. "

Hidup
Bagaimana? Semoga mencerahkan hari Anda dan Jummah Mubarak untuk kita semua.
Semoga keberkahan senantiasa tercurah pada kita yang selalu menyebut Asma Allah dan Rasul Muhammad SAW.. Aminn..

-Rabbli habli laa tadzarni fardhwa anta khairul waritsin_

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pesona Fruit Cut Art, Cantiknya Buah-Buah Ini

Siang semuanya.
Mumpung dari kemarin postingannya tentang buah, kali ini pun masih tentang buah. Tapi bukan tentang manfaat dan lain sebagaianya, kali ini lebih menyenangkan!

Yup, siapa yang sudah pernah mendengar tentang Fruit Cut Art, hmm..dari namanya aja sebenarnya sudah bisa ditebak ya. Seni memotong buah, yap, itulah sebutannya. Sejatinya seni ini berawal dari negara Jepang. Jepang yang terkenal dengan hasil buah dan sayurnya memiliki cara tersendiri untuk menikmati buah buahan.
Oke deh langsung saja cek gambar-gambar dibawah ya biar ga penasaran

Kalo burung hantunya kayak gini mah, imut banget yaa, burunghantu nanas, alias Owl Pineapple

hii,,, semangkanya seremmmm

ini apaan ya bentunya ?
marvelous,,, cantik angsanya dari apel :)

cuteeee... doggy banana

ini juga unyuuu... dari nanas :D

selain indah, mawarnya bisa dimakan !
the melon swan

cutie kiwi koala

kura kura semangka nya gemesinn,,, berry nya juga fresh kayaknya

arrrrwwwwww makan aku

beautiful apple
Kalo yang ini kayaknya bener2 butuh skill
cantikkknya semangka, eh bunga ini
Gimana? udah mulai ngiler kan pengen melahap satu-satu buahnya


source

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

All About Mango

Haii Hai....
Akhir akhir ini lagi musim buah ya teman, terutama mangga. Ga dipasar, penjual sayur&buah, atau malah tetangga yang ngasih gratisan karena panen mangga melimpah ruah.
Tiap-tiap hari makan mangga pasti bosen kan ya.. apalagi kalo adanya cuma mangga jenis tertentu saja.
Well,, jenis mangga sebenarnya ada banyak banget, di Indonesia saja sudah puluhan jenis mangga ditemukan bahkan dibudidayakan seperti : mangga apel, mangga harummanis, mangga golek, mangga madu, mangga gadung, dll..
Rasa mangga yang dihasilkan juga bermacam macam lho, mangga madu yang rasanya manis bahkan walaupun belum matang, mangga arummanis yang sangat manis dan mangga gadung yang juga manis, tapi mangga apel rasanya kurang begitu manis.
Berbagai macam mangga tersebut sebenarnya memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita.
Berikut sedikit ulasan tentang buah mangga

1. MANGGA (MANGIFERA INDICA / MANGO)



 Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh(bahasa jawa)

Manfaat Buah Mangga Untuk Wajah

Manfaat buah mangga juga dapat mengatasi masalah kulit wajah sepeti menghilangkan jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat seperti noda hitam, dapat meremajakan kulit wajah, dapat melembabkan kulit wajah yang kering, dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang berkaitan dengan kecantikan wajah anda. Itulah beberapa manfaat buah mangga untuk wajah, selain itu akan saya jelaskan mengenai cara menggunakan buah mangga untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti di atas.

Khasiat manfaat buah mangga
Cara penggunaannya, yaitu :

  1.   Dapat dijadikan scrub wajah

Cara membuat scrub dengan buah mangga yaitu dengan cara mencampur buah mangga yang telah matang secukupnya, lalu tambahkan 1 sendok makan susu bubuk dan 1 sendok teh madu kemudian aduk sampai semua bahan tercampur merata. Setelah itu, gunakan campuran bahan tersebut untuk digunakan sebagai scrub wajah sambil di pijat-pijat lembut secara melingkar dan setelah itu diamkan selama 10 menit. Lalu besihkan dengan air dingin sampai tidak bersisa.

Cara ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit beminyak dan berjerawat serta mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

   2.  Dapat dijadikan sebagai masker wajah

Cara ini merupakan cara yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit wajah, namun cara ini berbeda dengan cara di atas karena menggunakan kulit buah mangga. Kulit mangga juga tidak kalah ampuhnya dengan buah mangga dalam merawat kulit wajah, caranya yaitu : pertama-tama bersihkan terlebih dahulu wajah anda, setelah itu kupas kulit buah mangga yang telah matang lalu gosokan secara melingkar keseluruh permukaan wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit sampai mongering, lalu setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Lakukan perawatan wajah ini secara rutin dan teratur, maka dalam beberapa hari kulit wajah akan tampak lebih bersih, halus dan bercahaya.

3.     Dapat dijadikan sebagai pembersih wajah

Buah mangga juga dapat anda gunakan sebagai pembersih wajah, caranya yaitu dengan memotong-motong buah mangga secukupnya lalu campurkan dengan 1 sendok teh tepung terigu. Setelah itu, haluskan dan aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian anda dapat gunakan campuran ini untuk membersihkan wajah anda dengan cara seperti memakai pembersih biasa, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari dan dalam beberapa hari hasilnya dapat terlihat.

 4.    Astringent mangga

Caranya yaitu, hancurkan buah mangga sampai halus lalu campurkan dengan sedikit air. Setelah itu oleskan keseluruh wajah anda, lalu diamkan beberapa saat lalu bersihkan. Astringent ini juga dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Demikianlah manfaat buah mangga untuk wajah, semoga informasi ini dapat bermanfaat
Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Buah mangga merupakan asupan yang sangat penting karena ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Buah mangga banyak sekali mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh saat hamil, oleh karena itu, ibu hamil wajib mengkonsumsi buah mangga karena sangat baik untuk tubuh dan janinnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi menarik untuk anda ketahui yaitu manfaat buah mangga untuk ibu hamil.
Kandungan Nutrisi Buah Mangga yang bermanfaat untuk wajah, kesehatan dan ibu hamil

Berikut ini beberapa manfaat buah mangga untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi diantaranya yaitu :

   a. Serat

Buah mangga mengandung serat yang sangat tinggi, serat ini dapat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Masalah-masalah yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu seperti sembelit, susah buang air besar, begah dan dapat menghentikan diare. Hal-hal seperti ini dapat menyebabkan perut tak nyaman.

   b. Kalium/potasium

Zat kalium yang terkandung di dalam buah mangga dapat bermanfaat untuk penyeimbang cairan di dalam tubuh, jika cairan di dalam tubuh terlalu banyak dapat menyebabkan pembengkakan pada anggota tubuh seperti tangan dan kaki. Untuk itu, saya sarankan agar rutin mengkonsumsi buah mangga setiap hari.

  c.  Antioksidan

Di dalam kandungan buah mangga terdapat sumber beta-karoten dan vitamin C. Beta-karoten merupakan sebuah zat yang dapat berubah menjadi kandungan vitamin A, vitamin A ini lah yang mampu meningkatkan funsi mata. Selain itu, beta-karoten dan vitamin C nya dapat dijadikan sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

   d. Sumber energy

Buah mangga memiliki kandungan gula yaitu sukrosa dan karbohidrat, kedua kandungan tersebut dapat dijadikan sebagai sumber energy yang cukup besar sehingga gula darah akan tetap stabil. Buah mangga dapat kita konsumsi sehari-hari untuk dijadikan sebagai pengganti snack, hal ini juga dapat mencegah tekanan darah tinggi bagi ibu hamil.

   e. Mineral

Kandungan mineral yang ada dalam buah mangga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga ibu hamil akan terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah mangga setiap hari sangatlah penting karena banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil dan janin.

   f. Zat besi

Kandungan zat besi bagi ibu hamil sangat di butuhkan karena dapat bermanfaat untuk mencegah ibu hamil terkena anemia. Anemia merupakan gejala akibat kekurangan darah merah sehingga jika di biarkan dapat menyebabkan pusing, mual serta dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Maka disarankan untuk ibu hamil agar rutin mengkonsumsi buah mangga setiap hari, hal ini dapat mencegah anemia dan gangguan pada janin.
Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

    Buah mangga dapat bermanfaat unjtuk menjaga daya tahan tubuh

Mengkonsumsi buah mangga di percaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tahan dari gangguan cuaca yang dapat menyebabkan jatuh sakit. Hal ini disebabkan oleh karena buah mangga kaya akan kandungan vitamin C dan kandungan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk tubuh.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Di dalam kandungan buah mangga terdapat kandungan serat, pectin dan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagi penderita kolesterol sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga matang setiap harinya, cara ini dapat mempercepat penyembuhan.

    Buah mangga dapat bermanfat untuk mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan di dalam buah mangga sangat tinggi sehingga mampu mencegah tumbuhnya kanker, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam buah mangga sangat ampuh dalam membunuh sel-sel yang dapat menyebabkan kanker. Selain antioksidan yang tinggi juga terdapat zat-zat pencegah kanker yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan mathygallat.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Di dalam segelas jus buah mangga mengandung 25% nilai harian vitamin A, maka buah mangga sangat bermanfaat dalam menyehatkan mata dan dapat mempertajam daya penglihatan. Jus buah mangga juga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi anak-anak.

    Manfaat buah mangga untuk memenuhi kebutuhan alkali

Di dalam buah mangga mengandung asam sartrat, asam malat dan asam sitrat. Kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan alkali dalam tubuh dan dapat membantu untuk menjaga cadangan alkali dalam tubuh.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk menormalkan kadar insulin

Dengan mengkonsumsi buah mangga setiap hari, mampu menormalkan kadar insulin dalam darah, selain itu juga tidak membahayakan untuk kadar gula dalam darah karena buah mangga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

    Manfaat buah mangga dapat bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan

Mengkonsumsi buah mangga setiap hari dapat membantu dalam melancarkan system pencernaan karena di dalam buah mangga mengandung serat yang cukup.

    Buah mangga dapat bermanfaat untuk meredakan panas dalam

Bagi anda yang memiliki masalah dengan panas dalam, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan buah mangga. Di dalam buah mangga kaya akan vitamin C sehingga sangat ampuh dalam mengobati panas dalam. Cara mengkonsumsinya anda dapat megolah buah mangga menjadi jus atau dapat juga di konsumsi langsung buahnya.

Nah, ternyata banyak sekali kan manfaat buah mangga ini, jadi jangan ragu-ragu untuk konsumsi buah mangga ya :)







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kalo Ngliat Foto Ini, Yakinkah ini Diluar Negri?



Gimana? Bisa ketebak ini dimana?
Ini semua bukan di Kamboja, Thailand atau bahkan India lho....
Ini cuma disini.. iya dsini.. Di Jogja.. Wonogiri sama Klaten.. :)

Gimana? Indonesia ga kalah dengan negara lain kan... :)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tubuh Mudah Lelah karena Beraktifitas? Ini Problemnya

Aktivitas sehari-hari yang rutin kadang menjadikan tubuh menjadi cepat lelah. Simak kebiasan-kebiasan apa saja yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah merasa lelah, berikut rangkumannya.

1. Pola Makan
Pola makan sehat tanpa mengesampingkan pola diet Anda bisa dipertimbangkan. Diet bukan berarti menghilangkan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Atau sebaliknya, Anda tidak boleh mengonsusmsi makanan yang bisa menghantarkan glukosa dengan cepat ke tubuh Anda.

Hal itu karena bisa membuat tubuh Anda cepat kelelahan dalam beraktivitas. Makanlah makanan yang mengandung protein serta serat yang tinggi, seperti mengonsumsi sayur-sayuran dan buah.

Lakukan sarapan dengan karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung protein agar aktivitas Anda tidak dihadang dengan kelelahan. Usahakan asupan makanan Anda tidak mengandung glukosa yang tinggi karena bisa meningkatkan gula darah yang nantinya akan menguras energi Anda.

2. Kafein
Anda penikmat kopi atau teh yang notebene mengandung kafein yang memang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, terlebih ketika Anda tengah mendapat pekerjaan yang banyak.

Sesekali boleh saja konsumsi kafein dengan batas normal. Namun, tetap tidak dianjurkan mengonsumsinya dalam porsi yang berlebihan.

Terlalu banyak konsumsi kafein bisa menggganggu sistem metabolisme dalam tubuh yang nantinya membuat tubuh Anda mudah kelelahan ketika beraktivitas. Bagi Anda yang sering mengonsumsi kafein ini dianjurkan untuk mengurangi konsumsinya secara bertahap.

3.  Pola Tidur
Pada umumnya pola tidur yang berkualitas adalah 7 jam dalam sehari. Jika hal itu tidak terpenuhi maka tubuh Anda akan terasa lemas ketika melakukan aktivitas. Bahkan jika kualitas tidur Anda tidak terpenuhi, berat badan Anda akan naik.

Untuk itu jaga pola tidur Anda, buat tidur Anda berkualitas dengan porsi 7 jam. Jangan buat konsentrasi Anda kacau saat bekerja hanya karena tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

4. Air Putih
Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi melanda tubuh Anda. Dehidrasi ini yang bisa menimbulkan efek cepat lelah ketika beraktivitas. Mengapa hal itu terjadi? Karena ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, sistem metabolisme menjadi lemah dan tidak stabil.

Paling tidak konsumsi 8 gelas air dalam sehari, selain menjauhkan Anda dari kelelahan beraktivitas juga menjaga kelembapan dalam tubuh Anda.

Maka dari itu tetap perhatikan pola hidup kita ya temans :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Fast Food dan Junk Food , Ternyata Beda!

Anda pasti sering mendengar istilah fast food dan junk food. Tren makanan yang sekarang ini sedang dan sepertinya akan terus meroket dikalangan konsumer. Banyak yang mengira bahwa keduanya sama saja, sama-sama menuajikan makanan yang serba mudah, cepat dan enak, meskipun harga relatif mahal.

Tapi taukah kalau sebenarnya Fast Food dan Junk Food itu berbeda?
Secara asal kata fast food yang merupakan bahasa inggris terdiri dari 2 kata yaitu : Fast = cepat, dan Food = makanan, sehingga jika digabungkan menjadi Makanan Cepat, atau makanan cepat saji.
Sedangkan Junk Food, yang juga berasal dari bahasa inggris, juga terdiri dari 2 kata yakni Junk = Sampah, dan Food = Makanan, sehingga arti junkfood adalah Makanan Sampah. (hmmm kok ngeri ya)


Ya, sekilas keduanya memang hampir nampak sama dan identik, karena makanan-makanan berjenis fast and junk yang tersebar di Indonesia memang memiliki kesamaan dalam bentuk penyajian dan penampilan makanannya. Namun sebenarnya perbedaan yang paling mendasar adalah dalam hal kandungan di masing masing jenis makaanan tersebut.

Dalam penjelasan lain juga disebutkan bahawa
FastFood adalah istilah untuk makanan yang dapat disiapkan dan dilayankan dengan cepat. Sementara makanan apapun yang dapat disiapkan dengan segera dapat disebut makanan siap saji, biasanya istilah ini merujuk kepada makanan yang dijual di sebuah restoran atau toko dengan persiapan yang berkualitas rendah dan dilayankan kepada pelanggan dalam sebuah bentuk paket untuk dibawa pergi. Istilah "makanan siap saji" diakui dalam bahasa kamus bahasa Inggris Merriam-Webster pada 1951. 
JunkFood ( Makanan Kurang Nutrisi (Nir-Nutrisi) )
Makanan nirnutrisi (bahasa Inggris:Junk food) adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Makanan nirnutrisi mengandung jumlah lemak yang besar. Makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng dari McDonald's, KFC dan Pizza Hut sering dianggap sebagai makanan nirnutrisi, sementara makanan yang sama seperti California Pizza Kitchen atau Nando's tidak dianggap, meskipun nutrisi yang dimilikinya hampir sama.

Pecel, contoh fastfood

burger, ayam, cola, frechfries,:contoh junkfood

Jadi Kesimpulannya
Intinya, Fast Food bukanlah makanan tapi merupakan teknik penyajian suatu makanan kepada pelanggan, apakah cepat atau tidak, fast food ini sering kita jumpai di restoran-restoran, jadi belum tentu semua fast food itu tidak sehat seperti junk food. Sekarang ini Fast food  identik sekali dengan burger, coca-cola/pepsi (saudara2nya), trus kentang goreng, tapi istilah fast food sebenarnya lebih dekat dengan teknik pembuatannya/lama pembuatannya, bukan hasil produksinya.

Untuk lebih gampang contohnya
Fastfood  : makanan yang penyajiannya cepat, misalnya : pecel, gado-gado, lotek, nasi kucing, nasi sambel khas surabaya, dll
JunkFood : makanan yang nutrisinya sedikit, tidak mencukupi kebutuhan badan : kentang goreng, burger, dll

Semoga ga bingung lagi ya.. dan sebisa mungkin kurangi dan hindari mengkonsumsi makanan berjenis junk ya kawan,, karena percaya atau tidak, makan masakan rumah yang dibikin istri, ataupun ibu itu lebih nikmat dan sehat : )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pelajaran Berharga Dari Seorang Supir Taksi Di Surabaya

Semalam, 30 Nov 2014

Jam menunjukkan pukul 20.30 WIB saat keretaku tiba di stasiun Gubeng Surabaya, aku beserta suami langsung turun dari kereta dan bergegas keluar melalui pintu keluar untuk mencari taksi, karena memang kami tidak menitipkan kendaraan seperti biasanya di stasiun.
Para penjemput, tukang becak, tukang ojek, hingga supir taksi sudah menanti di ujung pintu, tanpa basa basi terlalu lama jatuhlah pilihan memakai jasa Taksi Orenz yang ditawarkan oleh bapak setengah baya, 50tahun-an kalau tidak salah. Membawa lumayan banyak barang dibantu oleh bapak supir taksi, kami langsung menuju taksi diparkiran. Tak lama kami sudah keluar stasiun dan dalam perjalanan menuju rumah.

Memang dasarnya saya suka ngobrol, iseng aja saya nyeletuk ke suami, "ternyata disini ga ujan ya yank, "
"iya nih alhamdulillah aman", jawab suami.
 Tapi ga puas gitu aja, si suami malah iseng nanya ke pak supir lagi abis ujan ga pak?" tanya suami. Pak supir dengan ramah menjawab, "dua hari ini ga ujan mas, ya cuma mendung gini-gini aja", lanjutnya.
Jadilah itu awal mula obrolan kami bertiga didalam mobil, kemudian pak supir bertanya,"dari mana mas?",
"dari solo pak", jawab suamiku, "solonya mana", lanjut pak supir, "sukoharjo pak," jawab suamiku lagi.
"oohh sukoharjo,, saya dulu pernah kesana mas, ditahan disana," cerita bapaknya.
Suami yang kaget lalu bertanya,"kenapa bisa sampai ditahan pak?",
"iya, dulu saya pernah nabrak orang gila waktu bawa bus Sumber Kencono," jawabnya.
Seketika daam hati aku kaget "Allahu Akbar! sambil nyolek jari suami, batinku, ini gimana ya kita disupirin mantan supir Sumber Kencono!!".
Suami yang mendengar cerita bapaknya cuma mengangguk tanda mengerti saja, "oohh, wah kok sampai bisa nabrak ya,," gumamnya.
Lalu bapaknya cerita masa lalunya, kenapa dia sampai menabrak orang gila sampai akhirnya ditahan di daerah Kartasura, Sukoharjo. Kemudian kisahnya tentang pengalamannya membawa berbagai macam bus sejak tahun 1987, mulai dari Sumber Keoncono, Eka, Handoyo lintas sumatra, sampai akhirnya bapaknya bilang, "Saya juga pernah bawa bus di Arab mas, bahkan jazirah Arab sebagian besar sudah saya lintasi pakai bus." Langsung seketika saat itu mendengar "woow,, mashaAllah.
Ternyata bapaknya cerita , semenjak sering mengalami kecelakaan membaawa bus di jawa dan semenjak krisis moneter di pertengahan 1998, si bapak memutuskan untuk merantau ke Arab, Riyadh, tepatnya.
Bus Antar kota antar proponsi telah ia khatamkan jalurnya, hingga lintas negara, dari Riyadh, Suriah dan Lebanon!. Aku semakin bertambah "WoooW" tatkala si bapak bilang, "Saya juga bawa bus sampai ke Palestine!" dan aku langsung serius menanggapi cerita si bapak.
"Wah Palestine pak?" mantapp,, lanjut suami.
"Iya , Palestine, Palestina, disanalah saya mengalami yang namanya makan ga enak, jalan ga nyaman, dan selalu diikuti rasa was-was, ibaratnya kalau orang jawa bilang, "Mangan rasane Sepo" yang artinya " Makan seperti gak ada rasanya" . mau dikasih gula, garam, tetap gak ada rasanya. Bukan karena selera lidah yang berbeda, tapi lebih ke kondisi yang mencekam saat itu.
Bapak supir lantas bercerita, disana sejak kita masuk ke perbatasan saja, sudah dijaga aparat, padahal kita cuma bawa bus sipil. makan seperti dimata-matai roket-roket.
"Trus pak?" kataku,
"ya disana kan konflik,,"lanjutnya.

Kemudian hening sejenak.

"Saya bahkan pernah memperistri wanita Arab mba", lanjutnya
"wanita disana kalau sudah keluar dari perbatasan Arab mereka buka Abaya (sejenis baju arab panjang, biasa berwarna gelap beserta kerudung dan cadar) dan berpenampilan biasa seperti kita kita ini." sambungnya.

"oohh,, gitu ya pak,"cetusku.
"wah bapak jago bahasa Arab dong berarti?"kataku
"hahahahhaa,,jangan ditanya," kelakarnya lagi
Aku cuma nyengir aja sambil noleh ke suami, "wah aku salah tanya donk ya yank," kataku ke suami

suami cuma ketawa aja, hahahahaduuhh....dekk.... :D


tak terasa sudah sejam perjalanan dan kamipun sampai dirumah dengan sehat dan selamat, Alhamdulillah..

Pesan dari cerita ini adalah  :

Jangan pernah memandang kualitas seseorang hanya dari apa yang ia kerjakan sekarang ini, kita tak pernah tahu pengalaman seseorang sampai kita memberikan kesempatan kepadanya untuk menunjukkan kemampuan sebenarnya. Seperti bapak tadi, dibalik profesi dia sebagai seorang supir taksi, ternyata banyak pengalaman yang telah ia makan. Bahkan nyupir bus-pun di bus Arab!.

Saya yakin bertemu dengan supir taksi yang memiliki pengalaman segudang seperti tadi malam sulit saya dapatkan. Banyak pelajaran dan hikmah yang saya ambil dari cerita dan pengalaman bapak tadi.
Pertama, Salam dan sapa sebagai awal mula perkenalan dan obrolan adalah hal yang sangat bermanfaat. Bukan Wasting time.
Kedua, Dari pengalaman si bapak yang terkena kecelakaan 2kali dalam setahun ternyata membuatnya bangkit dan menemukan pengalaman luar biasa yang sesungguhnya. Ini adalah indikasi bahwa kita jangan sampai mudah patah semangat, mudah mengeluh dan mudah putus asa. Karena ternyata Allah melihat usaha kita!
Ketiga, Pengalaman segudang yang bapak tadi dapatkan dapat membuka wawasan yang sesungguhnya bahwa Dont Jugde A Book By Its Cover adalah Benar adanya.
Keempat, Bapak tadi ramah, jadi pelanggan juga nyaman menggunakan jasanya, hehehe.... :D
bonus : ini nih taksinya

sampai ketemu lagi...............

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

11 Efek Positif Hormon Cinta pada Manusia

Jatuh cinta adalah hal normal yang dirasakan oleh manusia sebagai makhluk sosial.
Jatuh cinta merupakan suatu kenikmatan yang dapat dirasakan hanya oleh manusia, sebagai makhluk yang memiliki keistimewaan berupa cipta, rasa, dan karsa. Namun apakah dan bagaimana kah perasaan cinta itu bisa terbentuk, dan apakah efek manfaat yang ditimbulkan dari rasa cinta tersebut.
Berikut saya rangkumkan 11 Efek Positif Hormon Cinta pada Manusia.



Hormon cinta atau oksitosin diproduksi oleh suatu struktur di otak bernama hipotalamus. Hormon ini mempengaruhi perilaku manusia dan banyak dihasilkan saat sedang jatuh cinta.
Oksitosin menciptakan perasaan tenang dan membuat pasangan yang sedang dilanda asmara menjadi makin intim. Penelitian menemukan bahwa hormon ini ikut dilepaskan saat proses persalinan dan menyusui bayi. Beberapa penelitian akhir-akhir ini pun banyak difokuskan untuk menjelajahi berbagai efek oksitosin bagi tubuh.

Seperti dikutip dari MyHealthNewsDaily.com, Kamis (27/12/2012), berikut adalah bermacam efek hormon cinta bagi manusia

1. Membuat orang jadi murah hati
Sebuah penelitian tahun 2007 yang dimuat jurnal Public Library of Science ONE menemukan kesimpulan ini. Dalam penelitian, peserta diminta menghirup oksitosin atau plasebo lewat hidung kemudian diminta membagi uang yang dimiliki dengan orang asing. Penghirup oksitosin ternyata 80 persen lebih murah hati. Agaknya, hormon ini mempengaruhi sikap altruisme.

2. Membuat gampang tidur
Oksitosin dilepaskan di otak saat kondisi pikiran terbebas dari stres, sehingga secara alami membikin orang jadi gampang tidur, demikian menurut sebuah penelitian tahun 2003 yang dimuat jurnal Peptides Regulatory. Oksitosin menangkal efek hormon stres, kortisol. Efeknya membuat pikiran jadi tenang.

3. Memicu naluri melindungi
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Science menegaskan bahwa oksitosin memicu sikap perlindungan terhadap orang yang dikasihi dari serangan pihak luar atau akrab dikenal dengan solidaritas. Penelitian sebelumnya pada hewan juga menunjukkan bahwa hormon ini mendukung perilaku proteksionis.

4. Meningkatkan keterampilan sosial
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Proceedings of National Academy of Sciences menemukan bahwa menghirup oksitosin dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada penyandang autisme. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa orang autis memiliki kadar oksitosin yang rendah. Oksitosin juga mengurangi rasa takut pada penyandang autis.

5. Menghambat kecanduan obat
Menurut sebuah laporan penelitan tahun 1999 yang dimuat jurnal Progress in Brain Research, beberapa penelitian menunjukkan bahwa oksitosin menghambat toleransi terhadap obat adiktif, termasuk opium, kokain dan alkohol, serta mengurangi gejala sakau.

6. Meningkatkan gairah seksual
Sejumlah senyawa kimia otak dilepaskan saat manusia mencapai orgasme, termasuk oksitosin. Bahan kimia ini dapat memperkuat ikatan antar pasangan seksual. Tikus yang otaknya disuntik dengan oksitosin mengalami ereksi secara spontan, menurut sebuah penelitian tahun 2001 yang dimuat jurnal Physiological Review.

7. Mendukung persalinan dan menyusui
Oksitosin dilepaskan dalam jumlah besar selama persalinan, sehingga memicu kontraksi rahim yang membuka leher rahim dan memungkinkan bayi melewati jalan lahir. Sejak awal tahun 1900-an, dokter menggunakan oksitosin sintetis yang juga dikenal dengan nama merek Pitocin untuk membantu persalinan.

Setelah persalinan, hormon ini terus merangsang kontraksi rahim untuk mencegah pendarahan dan akan dikeluarkan lebih banyak lagi ketika puting dirangsang saat menyusui bayi.

8. Memperkuat kenangan emosional
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Proceedings of National Academy of Sciences mendukung teori bahwa oksitosin memperkuat kenangan masa kecil para pria mengenai ibunya. Dalam percobaan terhadap 31 orang, peneliti menemukan bahwa orang yang menghirup oksitosin sintetis makin santer mengingat kenangan indah tentang ibunya, asal hubungannya dengan ibu cukup baik.

9. Meringankan stres
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus prairi menemukan bahwa tikus yang terpisah dari saudaranya menampakkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi. Namun gejala ini mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan Society for Neuroscience tahun 2007 ini menunjukkan efek hormon ini untuk menangkal stres.

10. Mempererat hubungan
Peneliti membandingkan tingkat oksitosin dan hormon terkait yang disebut vasopressin pada urin anak-anak di Rusia dan panti asuhan di Rumania. Hasilnya menemukan bahwa oksitosin meningkat pada anak-anak setelah melakukan kontak dengan ibu kandungnya.

Penelitian yang dilakukan tahun 2005 dan dimuat dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences ini menunjukkan bahwa oksitosin juga tetap berada dalam kadar yang sama pada anak angkat. Hal ini dapat menjelaskan mengapa beberapa anak angkat mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan.

11. Memicu kelekatan ibu dengan bayi
Sebuah penelitian tahun 2007 yang dimuat jurnal Psychological Science menemukan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar oksitosin tinggi selama trimester pertama kehamilan lebih dekat dengan bayinya. Dibandingkan dengan perempuan lain, perempuan yang memiliki oksitosin dalam kadar tinggi selama kehamilan dan beberapa bulan setelah persalinan juga lebih dekat dengan buah hatinya.


source
Demikian beberapa efek yang ditimbulkan dari rasa cinta kasih dan sayang yang ada pada diri manusia.

Fabiayyi alaa irabbikuma tukadziban... maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Universitas Termahal Di Indonesia

Perguruan Tinggi merupakan salah satu sekolah tinggi yang mampu mencetak para cendekiawan muda di bidangnya. Tak heran banyak para siswa dan calon mahasiswa berebut kursi di perguruan tinggi favoritnya.
Di Indonesia, ternyata ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki nilai fantastis karena biaya dan fasilitas yang dimiliki kampusnya. Hemm,,  seperti apa ya kira-kira kampus kampus berdompet tebal itu.
Disini ada beberapa kampus yang dinilai berdasarkan 4 kriteria, yakni :

1. total biaya selama 8-10 semester
2.merupakan program s1 bukan kelas internasional
3.bukan biaya sekolah kedokteran / kedokteran gigi / prodi bidang medis
4.tidak mencakup biaya sumbangan sukarela, hanya murni biaya pendidikan.




1.PRESIDENT UNIVERSITY

 RATA-RATA BIAYA KULIAH = RP 25.000.000 / SEMESTER
TOTAL BIAYA KULIAH = RP 250.000.000




2.SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU)
RATA2 BIAYA KULIAH = RP 24.000.000 - 28.000.000 / SEMESTER
TOTAL BIAYA = RP 223.000.000 - RP 247.000.000






3.UNIVERSITAS PELITA HARAPAN (UPH) RATA-RATA BIAYA KULIAH = RP 9.000.000 S/D 15.000.000 / SEMESTER
TOTAL BIAYA KULIAH = 130.000.000 - 200.000.000



4. UNIVERSITAS CIPUTRA


5.UNIVERSITAS TRISAKTI


6.UNIVERSITAS TARUMANAGARA (UNTAR)


7.UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (BINUS)



8.UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMAJAYA (UAJ)



Kembali lagi, ini hanya sekedar info, yang jelas, kebijakan dalam memilih Perguruan Tinggi harus ada. Banyak Perguruan Tinggi yang mahal tapi lulusannya nganggur, tapi banyak pula Perguruan Tinggi yang biasa saja namun lulusannya hebat. Tergantung dari masing-masing individu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jalan Sepeda Bercahaya LED, Belanda Punya

Back To Nature
Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan, apalagi kalau fasilitas bersepeda sangat engkap dan memadai. Mulai dari sepeda, peralatan sepeda hingga jalur (track) bersepeda yang baik tentu akan sangat lebih menyenangkan.
Nih, di Belanda ada salah satu inovasi yang memanjakan para pengguna sepeda lhoh, yaitu dibuatkannya jalur track sepeda dengan jalan berlampu LED bertenaga surya. Hmm gimana ini ya?
Yap, jadi di Belanda ini merupakan negara yang sangat mendewakan pengguna sepeda, bahkan lebar jalur sepeda melebihi jalur mobol dan motor. hemm.. enak banget pasti ya.. jadi lebih ramah lingkungan, ditambah dengan inovasi penggunaan lampu LED di dalan jalur sepeda itu sendiri. Lampu LED yang tertanam di dalam jalan aspal ini akan memendarkan cahaya warna warni di malam hari, sehingga tidak diperlukan lagi cahaya lampur berlebih. Sumber tenaga dari lampu LED ini adalah tenaga matahari yang diserap pada siang hari kemudian dikeluarkan pada malam harinya. Wah.... kapan ya ada di Indonesia...


Sambil liat gambarnya, sambil saya jelasin deh tentang jalan bercahaya ini.. :)

sumber gambar: heijmans.nl
Pembukaan jalur sepeda unik ini di kota Brabant, Belanda menandai awal dari tema tahun internasional : Van Gogh 2015. Terinspirasi oleh karya Vincent van Gogh, yang menggabungkan inovasi desain dengan warisan budaya dan pariwisata.
Konsep cerdas untuk jalan raya interaktif ini merupakan program inovasi bersama HEIJMANS dan Studio Roosegaarde. Kolaborasi konvensional ini langkah yang terbaik dari dua dunia teknologi yang sangat berbeda kemudian bersama-sama menciptakan solusi baru untuk kenyamanan di masa depan. Ini berkembang menjadi teknologi terbaru di bidang energi dan cahaya.


sumber gambar: heijmans.nl

HEIJMANS dan Studio Roosegaarde telah menciptakan jalan jalur sepeda ini dengan panjang jalur 600 meter dan panjang desain kontemporer dari Van Gogh 335-km. Bagian jalur sepeda telah diberi lapisan baru pada aspal, tersebar dengan ribuan batu bercahaya. Teknologi inovatif memungkinkan mereka untuk mengisi siang hari dan memancarkan cahaya di malam hari.
Bagus ya :D

sumber gambar: heijmans.nl
  Dengan menggabungkan pencahayaan ke jalur sepeda itu sendiri, penerangan jalan tambahan tidak diperlukan. Cahaya, energi dan interaksi memainkan peran penting dalam proses ini.

sumber gambar: heijmans.nl



sumber gambar: heijmans.nl
sumber gambar: heijmans.nl

 
sumber gambar: heijmans.nl  
sumber gambar: heijmans.nl

sumber gambar: heijmans.nl
sumber gambar: heijmans.nl

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS